BERITA
  • 16 September 2021
  • 0 Komentar
  • 199 Kali Dilihat
DISTRIBUSI BANTUAN KURSI RODA KEPADA PENYANDANG DISABILITAS DAN LANJUT USIA

PRINGSEWU-Akhir Bulan Agustus 2021 yang lalu, Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu telah mendistribusikan alat bantu kursi roda kepada para penyandang disabilitas fisik dan lansia di beberapa Pekon/Kelurahan di Kabupaten Pringsewu.

Jumlah alat bantu yang diberikan kepada masyarakat mencapai 8 unit kursi roda untuk penyandang disabilitas dan 6 unit kursi roda kepada para lansia.

Jumlah yang sangat terbatas tersebut merupakan upaya pemerintah daerah untuk penanganan dan rehabilitasi sosial penyandang disabilitas fisik dan lansia. Ika Hadiyati selaku kasi rehabsos mengungkapkan bahwa proposal yang masuk cukup banyak, namun untuk tahun 2021 ini hanya mampu menyediakan 14 unit saja.

Bapak Hartadi selaku kabid Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial mengatakan bahwa jumlah Penyandang Disabilitas di Kabupaten Pringsewu mencapai hampir 2.500 orang dengan berbagai macam jenis  disabilitas.

"Apa yang telah dilakukan pemerintah daerah hendaknya juga dilakukan secara mandiri oleh pekon, mengingat kegiatan pemberdayaan dan penanganan disabilitas menjadi tanggung jawab bersama", ucapnya.

"Sekiranya setiap Pekon/kelurahan melakukan penanganan kepada 10 orang penyandang disabilitas, maka permasalahan penyandang disabilitas secara umum akan semakin tertangani dengan baik di Kabupaten Pringsewu", tambahnya.

Help people to help themself, bahwa upaya penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang sudah dan sedang dilakukan kepada warga masyarakat yang membutuhkan diharapkan membuat mereka dapat menolong diri dan keluarganya sendiri.