BERITA
  • 21 Januari 2021
  • 0 Komentar
  • 531 Kali Dilihat
Puskesos Rahayu Binangun Sumberrejo Pringsewu adakan Musdes DTKS Penanganan Kemiskinan

Kementerian Sosial RI menerapkan Sistem Satu Data Terpadu Nasional dalam penyaluran berbagai bantuan sosial bagi Keluarga Penerima Manfaat dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) melalui Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) sehingga bantuan sosial diharapkan tepat sasaran.

SIKS-NG merupakan sarana pengelolaan satu data terpadu nasional untuk pengentasan kemiskinan. SIKS-NG adalah sistem informasi yang mendukung proses Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

DTKS nantinya dapat digunakan untuk ketepatan sasaran program Bansos seperti KIS, Pro Sembako, PKH, Program Indonesia Pintar (PIP) serta Program bantuan lainya baik yang bersumber dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Dengan dasar itulah, bertempat di Aula Balai Desa Puskesos Pekon Sumberrejo Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu ( Kamis,21/1/2021)

Kegiatan  Musyawarah Desa (Musdes) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tahun 2021 yang dihadiri oleh Ketua BHP, Aparatur Pekon dan masyarakat serta RT yang lebih paham kondisi dilingkungannya dengan menghadirkan unsur Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu, TKSK Kecamatan Pagelaran, Pendamping Sosial PKH dan Babinsa TNI.

Dijelaskan Agus Purnomo selaku TA SLRT Bersahaja dan Kasi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas Dinas Sosial Pringsewu, dalam Musyawarah Desa/Pekon tersebut, bahwa meskipun satu rumah tangga dalam Musdes/ Muskon disepakati dinyatakan mampu, namun sesuai regulasi yang ada, tidak ada kebijakan mencoret rumah tangga yang sudah mampu.

Rumah tangga yang sudah mampu tetap didata dan dikunjungi. Setelah dilakukan pemeringkatan oleh Pusdatin Kementerian Sosial RI maka rumah tangga ini secara otomatis akan naik peringkat kesejahteraannya, dalam hal ini istilahnya adalah naik desilnya.

Bilamana telah masuk desil 4 plus, maka mereka tidak lagi berhak mendapatkan program bantuan sosial. Acara dilanjutkan musdes yang dipimpin oleh Wijonarko salah satu SDM Puskesos yang juga Operator SIKS-NG Offline Pekon Sumberrejo.

Pada kesempatan membuka acara, Pj Kepala Pekon yang diwakili oleh Paino Sekretaris Pekon menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Musdes DTKS ini, karena atas inisiatif dan keaktifan Puskesos proses Verval DTKS menuju Validitas Data dan Ketepatan sasaran Program, Kegiatan Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu serta Bantuan Sosial akan semakin terwujud di Pekon Sumberrejo imbuhnya.